
Sekarang ini peranan IT dalam keidupan manusia
sudah semakin penting. Karena seiring dengan perkembangan IT tersebut manusia
banyak melakukan pekerjaannya di depan komputer maupun dengan menggunakan
handphone untuk komunikasi. Namun hal tersebut juga harus diimbangi dengan
kesadaran untuk menggunakan IT untuk kepentingan yang positif. Oleh karena
tidak sedikit juga para ahli IT yang menggunakannya untuk kejahatan. Sehingga
perkembangan IT di Indoesia sudah cukup berkembang, tetapi belum dalam berbagai
hal. Dan perlu adanya pengawasan dari pihak yang berwenang agar dampak negatif
dari IT dapat dikurangi. Beberapa contoh cerita berikut ini diharapkan dapat
membuka mata para pembaca sekalian.
Jika anda pergi ke stasiun kereta api Bandung atau Jakarta dan anda ingin
membeli karcis kereta api, maka anda harus antri di loket penjualan karcis
kereta api yang sudah computerized. Suatu saat sistem penjualan kereta api ini
tidak berfungsi sehingga karcis dijual tanpa nomor tempat duduk. Dapat anda
bayangkan yang terjadi di atas kereta api, kekacauan. Masalahnya ada yang sudah
pesan tempat sebelumnya dan mendapat nomor tempat duduk, sementara ada yang
membeli karcis tanpa nomor tempat duduk (karena komputer rusak). Informasi
tentang nomor-nomor tempat duduk ini tidak dapat diakses oleh penjual karcis,
sehingga terjadi kekacauan.
Untuk melihat betapa kepemilikan informasi merupakan sebuah hal yang penting
dapat juga kita lihat dalam kasus ekonomi dan politik yang sedang berlangsung
saat ini. Siapa yang memiliki informasi akan dikejar-kejar terus (baik atau
buruk?). Bagi media masa yang mendapatkan informasi terdahulu dan
menerbitkannya akan memperoleh keuntungan dari larisnya penjualan surat kabar,
majalah atau tabloidnya. Bahkan di jalanan ada orang yang menjual fotocopyan
dari berita-berita yang ada di surat kabar, majalah, atau tabloid.
Terus bagaimana peran pelajar/mahasiswa terhadap perkembangan IT di
Indonesia?
dan bagaimana pencegahan dari hal-hal negatif dari perkembangan IT?
dan bagaimana pencegahan dari hal-hal negatif dari perkembangan IT?
“Akan cukup pesat perubahan trend dan perkembangan teknologi informasi
(information technology) pada tahun 2010, khususnya pada bidang multimedia dan
game yang saya geluti. Untuk prediksi masing-masing bidang dideskripsikan
seperti list di bawah ini.
Social Gaming
Dampak perkembangan Facebook yang semakin besar di tahun 2010 akan ditampilkan lebih seru melalui membesarnya pemain social game seperti Farmville dan Playfish yang ditengarai sudah melebihi pertumbuhan Twitter sekalipun. Perkembangan ini dipicu oleh munculnya penggunaan micropayment yang semakin populer dan berkembang seperti model game flash online.
Dampak perkembangan Facebook yang semakin besar di tahun 2010 akan ditampilkan lebih seru melalui membesarnya pemain social game seperti Farmville dan Playfish yang ditengarai sudah melebihi pertumbuhan Twitter sekalipun. Perkembangan ini dipicu oleh munculnya penggunaan micropayment yang semakin populer dan berkembang seperti model game flash online.
Body Motion Sensor
Kini bermain game akan lebih asyik karena akan muncul kontroller yang memanfaatkan gerakan anggota tubuh seperti badan, tangan dan kaki. Microsoft memiliki projek Natal sementara Playstation juga memiliki Motion Controller yang berfungsi sama. Sementara di PC sudah tersedia beberapa software yang memanfaatkan gerakan tubuh dengan sensor webcam.
Kini bermain game akan lebih asyik karena akan muncul kontroller yang memanfaatkan gerakan anggota tubuh seperti badan, tangan dan kaki. Microsoft memiliki projek Natal sementara Playstation juga memiliki Motion Controller yang berfungsi sama. Sementara di PC sudah tersedia beberapa software yang memanfaatkan gerakan tubuh dengan sensor webcam.
Augmented Reality
Perkembangan game dengan model augmented reality yang menggabungkan dunia maya dan game di dalam satu simulasi, akan lebih populer disebabkan makin tersedianya beberapa platform baru seperti Iphone yang mendukung aplikasi Augmented Reality. Selama ini AR hanya populer di desktop PC namun kini mulai merambah ke mobile gadget.
Perkembangan game dengan model augmented reality yang menggabungkan dunia maya dan game di dalam satu simulasi, akan lebih populer disebabkan makin tersedianya beberapa platform baru seperti Iphone yang mendukung aplikasi Augmented Reality. Selama ini AR hanya populer di desktop PC namun kini mulai merambah ke mobile gadget.
Internet TV
Perkembangan ini akan mulai marak di tanah air di tahun 2010 tapi masih memiliki kendala mahalnya biaya untuk penggunaan umum. Namun begitu trend internet TV akan melonjak drastis di 2010 disebabkan selesainya infrastruktur Telkom yang saat ini dalam proses pembangunan. Persoalannya adalah konten yang masih harus bersaing dengan social network seperti Facebook yang cukup mengambil trafik bandwith yang tinggi.
sumber:
https://www.google.co.id/search?q=perkembangan+IT&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ei=MpSjU-2vKNC9ugT2l4GAAg&ved=0CAYQ_AUoAQ&biw=1280&bih=863
Perkembangan ini akan mulai marak di tanah air di tahun 2010 tapi masih memiliki kendala mahalnya biaya untuk penggunaan umum. Namun begitu trend internet TV akan melonjak drastis di 2010 disebabkan selesainya infrastruktur Telkom yang saat ini dalam proses pembangunan. Persoalannya adalah konten yang masih harus bersaing dengan social network seperti Facebook yang cukup mengambil trafik bandwith yang tinggi.
sumber:
https://www.google.co.id/search?q=perkembangan+IT&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ei=MpSjU-2vKNC9ugT2l4GAAg&ved=0CAYQ_AUoAQ&biw=1280&bih=863
Tidak ada komentar:
Posting Komentar